Skip to main content

Resep: udang pedas manis





Yang namanya udang itu yaa.. masih idup aja kelihataannya enak, apalagi yang udah dimasak :) Nah, ini salahsatu cara mengolah udang yang lumayan praktis, nggak ribet, tapi rasanya enak. Bisa dicoba buat para pecinta udang olahan seperti saya hahaaha :D


UDANG PEDAS MANIS ala Inaz :)

Bahan-bahan:
Udang segar 1/4kg –kupas kulitnya
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 buah cabai merah besar
2 buah cabai rawit
asam jawa secukupnya –larutkan dalam 5 sendok air
1cm laos, memarkan
Gula merah secukupnya
garam + penyedap secukupnya

Cara membuat:
  1. panaskan wajan dengan api sedang, kemudian goreng udang yang telah dikupas dengan sedikit minyak. Angkat setelah berwarna sedikit kemerahan.
  2. haluskan semua bahan (selain udang) kemudian goreng sampai harum. Tambahkan larutan asam jawa dan garam serta penyedap secukupnya.
  3. terakhir masukkan udang yang telah digoreng setengah matang.
  4. aduk sampai merata dan tunggu sampai bumbunya meresap.
  5. hidangkan selagi hangat.


*selamat mencoba*

Comments

Popular posts from this blog

Kamarku Istanaku

Aku memang lebih suka seperti ini, memaku diri dalam penjara imajiner yang kuciptakan sendiri. Kubiarkan diam mengajakku bicara semaunya, hingga ia lelah, hingga tak kudengar lagi bingar suaranya ditelingaku. Hanya di kamar ini kutemukan waktu istimewaku untuk bercakap dengan pikiranku sendiri. Apa yang ku mau, apa yang ku rasa, dan apa yang ingin ku katakan, yang sebisa mungkin tak ku ungkapkan saat berada diluar sana kini membuncah bak air bah, di kamar ini. Dan aku sangat menikmati saat-saat seperti ini... Berbeda dengan mereka, aku memang  punya caraku sendiri untuk melegakan sesaknya hati. Dan disini, di kamar ini, aku memenjara diri dan membiarkan sedihku bebas berkelana, mengudara, untuk kemudian menjelma hujan dikedua pipiku. Biarlah. Aluna Maharani

kejutan

Malam itu saya nyaris tidak bisa tidur memikirkan sebuah benda kecil yang saya beli beberapa jam sebelumnya. Pikiran saya nyaris tidak teralihkan dari benda kecil itu.. memikirkan kemungkinan apa yang akan terjadi, kejutan apa yang sedang menanti saya, dan perubahan apa yang akan dia bawa nantinya. Berjam-jam sibuk memikirkan itu hingga tanpa sadar saya pun jatuh tertidur, dengan mimpi tentang benda kecil tersebut. Subuh mengetuk jendela, dan seketika saya membuka mata. Inilah saatnya! Kata saya dalam hati. Ini saat yang saya tunggu-tunggu sejak kemarin. Saya pun beranjak dari kamar dan meraih benda kecil yang kemarin saya beli kemudian masuk ke kamarmandi tanpa pertimbangan apapun lagi. Dan benar saja, benda kecil itu memunculkan dunia garis merah yang sangat saya nantikan. Dan astaga, kalau saja saya tidak sedang berada di kamarmandi, mungkin saya sudah berteriak sejadi-jadinya!  Dengan senyum mengembang lebar saya tunjukkan benda kecil itu pada suami, dan Ia tersenyum..